Kolaborasi MM Surabaya

  • By Humas FEB
  • In MSM NEWS
  • Posted 23 Februari 2017

Merupakan hal yang biasa bila dunia bisnis berkompetisi. Hal itu juga yang sering diajarkan di bangku kuliah manajemen bisnis. Yang jarang terjadi adalah aktivitas Ko-opetisi, yakni aktivitas bekerja sama sambil tetap berkompetisi, walaupun itu juga menjadi bentuk kompetisi yang diajarkan di perkuliahan. Sebuah aktivits nyata ko-opetisi diwujudkan beberapa program studi MM di Surabaya, dalam bentuk kolaborasi dalam berbagai aktivitas.

Diinisiasi oleh KPS MM FEB Universitas Airlangga, Dr. Gancar C Premananto, diadakan pertemuan pada hari Selasa tanggal 21 Februari 2017 antara prodi MM besar di Indonesia, yang tergabung dalam Aliansi Program Magister Manajemen Indonesia (APMMI). Program MM yang tergabung dalam APMMI haruslah program MM yang memiliki akreditasi BAN-PT minimal B. Dan KPS MM FEB Unair, selaku Ketua 1 APMMI, menginisiasi kerja sama anggota APMMI wilayah Surabaya, yang terdiri dari MM FEB UNAIR, MMT ITS, MM STIE PERBANAS dan MM UBAYA. Bertempat di Gedung MM FEB Unair, selain KPS MM FEB Unair, hadir Prof. Tatik Suryani (KPS MM STIE PERBANAS), Dr. Ir. R.V. Hari Ginardi (KPS MMT ITS) dan Dr. Ir. Moch Suef (Kadep Manajemen Tekhnik ITS). Turut hadir pada acara tersebut adalah Dr. Basuki Rachmat, SE. MM. (Sekretaris MM STIE PERBANAS) dan Anita Kurniawati (KTU MM PERBANAS). Adapun Dr. Putu Anom (MM UBAYA) berhalangan untuk hadir.

Secara khusus, KPS MM STIE PERBANAS hadir juga dalam rangka benchmark pengelolaan pendidikan tinggi, termasuk dalam hal akademik. Sehingga diskusi juga berlangsung sangat bernas, hingga tanpa terasa waktu bertemu telah berjalan selama 3 jam.

Dalam acara tersebut diantaranya digagas kerja sama mengadakan seminar internasional yang mewadahi riset-riset mahasiswa MM baik berupa applied research dan basic research, juga materi karya ilmiah lain baik berupa kasus bisnis maupun Business Plan. Hal tersebut sebagai bagian dari upaya merespon adanya kewajiban publikasi karya ilmiah dari Kemenristekdikti dan perguruan tinggi masing-masing.

Kita tunggu kiprah selanjutnya Kolaborasi MM Surabaya ini…(gcp)

Hits 544