International Lecturer Series: Charitable Advertising during COVID-19, Bersama Dr. Felix Septianto dari The University of Queensland Australia

  • By Admin Manajemen
  • In MSM News
  • Posted 26 September 2021

Charitable Advertising during Covid 19

Selama pandemi COVID 19, lingkungan bisnis mengalami banyak perubahan. Sebagai upaya memberikan pengetahuan tambahan terkait perkembangan ilmu manajemen selama pandemi COVID-19, Departemen Manajemen Universitas Airlangga mempersembahkan serangkaian kuliah tamu dengan mengundang Dosen-dosen Internasional.

Kuliah tamu pertama ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 September 2021 bersama dosen tamu internasional kita yaitu Dr. Felix Septianto dari The University of Queensland Australia. Sesi ini dipandu oleh Koordinator Program Studi S1 Manajemen Universitas Airlangga, Dr. Dien Mardhiyah.

Dalam acara berjudul “Charitable Advertising during COVID-19” ini, Dr. Felix Septianto menjelaskan bagaimana menumbuhkan perilaku pro-sosial pada masyarakat dan pentingnya perilaku pro-sosial untuk dimiliki masyarakat selama pandemi Covid-19. Menurut hasil penelitian yang dilakukan Dr. Felix bersama tim, dalam masa pandemi covid-19 ini masyarakat memiliki perasaan kagum pada ancaman (threat-based awe) ketika mereka membaca berita atau melihat iklan terkait covid-19. Perasaan kagum atau heran akan pada ancaman yang dirasakan masyarakat ini lebih cenderung pada perasaan takut dan khawatir. Terkait kondisi ini, hasil riset menyarankan iklan lebih baik didesain dengan menonjolkan pesan “why” daripada “how” sehingga iklan mampu menggerakkan minat masyarakat untuk bertindak pro-sosial atau saling membantu satu sama lain. Dr. Felix juga menambahkan bahwa para pengiklan perlu memperhatikan bahwa masyarakat memiliki pemikiran untuk maju (growth mindset) dan bangkit dari pandemi ini.

 

Sebagai penutup presentasinya, Dr. Felix Septianto menekankan bahwa mendorong masyarakat untuk memiliki perilaku pro-sosial dapat menciptakan ketahanan masyarakat untuk menghadapi pandemi tidak hanya pada level individu tapi lebih penting lagi adalah pada level komunitas. Ketika ketahanan pada level komonitas ini dapat dicapai, pemerintah akan lebih terbantu dalam melaksanakan upaya pemulihan keadaan setelah pandemi dan kesejahteraan masyarakat akan membaik.

Rekaman lengkap seminar ini dapat ditemukan pada akun YouTube Departemen Manajemen FEB UNAIR pada link:

https://www.youtube.com/watch?v=osRpz8idRpE

Materi pembicara dapat didownload pada:

https://drive.google.com/file/d/1D_qLe0KnrsGFh8cfPdmEZlQSgWImz1zi/view

Hits 1459